Jenis Kram Pada Masa Kehamilan Muda



Berbagai masalah pada ibu hamil sepertinya masih membuat banyak kalangan penasaran. Bagi pasangan muda biasanya mencari tahu seperti apa momen kehamilan awal yang masih dianggap misteri. Rata-rata pada usia kehamilan muda terutama di bulan kedua akan memberi rasa kram sehingga seringkali muncul berulang bahkan sampai proses persalinan. Maka dari itu bagi calon ibu hamil diharapkan mengetahui seperti apa jenis kram pada masa-masa kehamilan muda seperti berikut:

Kram Pada Trimester Pertama
Jenis kram pada trisemester pertama juga memperlihatkan sebuah kondisi yang membuat perkembangan bayi tetap berjalan. Biasanya rasa kram pada usia trisemester pertama memang diakibatkan perkembangan bayi yang semakin membesar.

Kram Trimester Kedua
Kondisi rahim di trimester kedua juga memperlihatkan berbagai macam kondisi sehingga membuat rasa kram perut sering muncul.Biasanya rasa kram di trimester kedua menjadi tanda bahwa waktu persalinan semakin dekat.

Trimester Ketiga
Biasanya pada trimester ketiga rasa kram pada bagian kaki akan lebih sering terjadi karena memang beban tambahan yang ditopang tubuh semakin besar. Bagian otot betis akan menanggung beban lebih besar sehingga otot di sekitar betis akan berkontraksi hingga menyebabkan rasa nyeri. 

Meskipun dianggap sebagai proses alami, beberapa rasa kram yang berlebihan bahkan sudah dianggap tidak nyaman memerlukan konsultasi dokter untuk mendapat bantuan medis secara tepat. Jadi selalu amati berbagai macam gejala alami dalam masa-masa kehamilan hingga proses persalinan ibu hamil terutama pada aspek kram tubuh.

No comments:

Post a Comment