Penyebab Mual Muntah Pada Ibu Hamil Usia Muda



Kesehatan tubuh seorang ibu hamil masih identik tak seimbang dimana semua organ tubuh mulai menyesuaikan terhadap proses pembuahan janin. Rata-rata usia kehamilan muda sering memberi dampak terhadap kondisi tubuh salah satunya munculnya rasa mual dan muntah. Tak sedikit kalangan ibu hamil merasa kesulitan untuk meredakan rasa mual tersebut, akan tetapi perlu dimengerti bahwa rasa mual hingga muntah menjadi tanda bahwa ada beberapa perubahan terlihat di dalam tubuh ibu hamil seperti berikut ini:

a) Meningkatnya Asam Lambung
Sudah menjadi hal lumrah ketika seorang ibu hamil mengalami mual dan muntah karena bisa disebabkan oleh riwayat gangguan asam lambung selama waktu muda. Biasanya kondisi ibu hamil yang sering membiarkan kondisi perut kosong dalam waktu lama akan menimbulkan rasa mual karena kadar asam lambung meningkat.

b) Meningkatnya Hormon
Sudah pasti proses kehamilan awal akan membuat komposisi hormone tubuh mengalami perubahan. Meningkatnya hormone estrogen memberi pengaruh terhadap kondisi asam lambung ibu hamil sehingga muncullan rasa mual hingga muntah. Biasanya hormone estrogen akan sering dikeluarkan pada pagi hari sehingga tak heran bila ibu hamil akan merasa mual saat pagi hari.

c) Metabolisme Tubuh Berubah
Selain dari perubahan hormone, rasa mual juga muncul akibat metabolisme tubuh yang mengalami perubahan. Sistem imun tubuh yang mendapat pengaruh dari janin akan perlahan-lahan berubah sehingga menyebabkan rasa mual dan muntah muncul.

0 Response to "Penyebab Mual Muntah Pada Ibu Hamil Usia Muda"

Post a Comment