Tips Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil



Perkembangan janin hingga perubahan hormon pada ibu hamil seringkali memberi dampak rasa nyeri di bagian punggung. Kenapa tidak jika seorang ibu hamil mendapatkan treatment khusus untuk menghilangkan rasa nyeri di punggung, akan tetapi tak semua kalangan mengetahui bahwa ada beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri punggung pada masa-masa kehamilan.

Pijat
Rasa nyeri di bagian punggung akibat berkembangnya janin ataupun perubahan hormon dapat diatasi dengan cara pemijatan. Mintalah pasangan untuk memijat secara perlahan di bagian punggung bawah hingga ke beberapa otot di seluruh punggung. Dari proses pemijatan tersebut dapat menghilangkan rasa lelah hingga sakit otot bahkan meringankan rasa nyeri. 

Kompres Punggung
Berikutnya Anda bisa menggunakancara sederhana yakni kompres punggung memakai handuk kemudian diisi dengan es batu. Waktu kompres bisa bervariasi mulai dari 10-20 menit dalam beberapa kali.Lakukan kompres punggung setidaknya selama tiga hari kemudian di hari keempat gantilah memakai air hangat caranya gunakan botol berisi air panas lalu tempelkan ke punggung. Namun jangan sampai proses kompres air hangat mengenai perut karena dapat berdampak pada janin.

Olahraga 
Lakukan olahraga ringan seperti berjalan hingga berenang untuk memperkuat otot hingga meningkatkan fleksibilitas ataupun kelenturan.Melakukan olahraga dapat mengurangi tekanan pada bagian tulang belakang sehingga sangat cocok bagi para ibu hamil.

Itulah beberapa cara sederhana untuk bisa meredakan rasa nyeri punggung yang selama ini dirasakan oleh ibu hamil.

0 Response to "Tips Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil"

Post a Comment