Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil



Seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan bayi yang sedang dikandungnya. Dan asam folat adalah kebutuhan utama dan sangat vital. Jika Anda sudah mempersiapkan untuk hamil maka segera konsumsi asam folat meskipun
kehamilan belum terjadi karena sangat baik untuk mencegah cacat kelahiran yang terjadi pada otak bayi dan juga sumsum tulang belakang buah hati Anda.

Asam folat pun sangat baik untuk mencegah perubahan yang terjadi pada DNA Anda yang bisa menyebabkan sel kanker tumbuh dalam tubuh Anda. Berikut ini adalah manfaat asam folat untuk Anda saat sedang hamil:

membantu mencegah terjadinya keguguran saat awal masa kehamilan
membantu perkembangan tabung syaraf bayi dan juga untuk sumsung tulang belakang bayi 
mencegah terjadinya bibir sumbing juga kelainan pada jantung buah hati Anda

Anda harus tahu bahwa kecacatan lahir pada bayi sudah terjadi sejak awal masa kehamilan yaitu di minggu ketiga sampai keempat. Jangan pernah sepelekan masa awal kehamilan Anda karena disana terjadi proses pembelahan yang begitu cepat. Konsumsi asam folat atau supplement untuk mendukung proses pembelahan sel dengan sempurna. Asam folat juga banyak terdapat pada makanan alami seperti alpukat, asparagus, dan lainnya. Dosis yang direkomendasikan untuk konsumsi asam folat setiap harinya adalah sebanyak 400 mikrogram dan baik dikonsumsi hingga masa menyusui usai. 

No comments:

Post a Comment